Rekomendasi Aplikasi Mobile untuk Traveling di Jepang

Tak bisa disanggah, kemajuan teknologi tentu turut memberikan sumbangsih yang begitu besar kepada dunia traveling. Termasuk kepadaku yang notabene hanya sebagai traveler alakadarnya.

‘Google Translate’ misalnya. Terima kasih pada aplikasi satu ini, aku dan kawan-kawanku bisa berkomunikasi dengan warga lokal Thailand saat hendak bertanya arah ketika di Pattaya. Kami yang asalnya tak bertegur sapa sama sekali, jadi sedikit mengobrol dan bahkan ia membantu kami naik “angkot” di sana. Ia menjelaskan kepada supir “angkot” tersebut ke mana tujuan kami, dan tak lupa memberi tahu kami ongkos yang harus dibayarkan, supaya kami tak kena tipu.


Sebenarnya banyak sekali aplikasi lain yang turut membantuku dalam traveling. Di antara aplikasi-aplikasi tersebut, aku ingin merekomendasikan sebuah aplikasi yang sangat berguna dan menjadi andalan saat aku pergi ke Jepang. Aplikasi ini adalah aplikasi yang direkomendasikan langsung oleh orang Jepang kepada temanku.

Japan Travel by NAVITIME

Setiap akan berangkat dari satu destinasi menuju destinasi lainnya, aku dan sahabatku selalu membuka aplikasi ini. Biar kutunjukkan kemudahan melakukan perjalanan di Jepang dengan bantuan aplikasi ini.

Katakan saja kami akan pergi dari Osaka Castle menuju The Osaka Museum of Housing and Living, dengan berbekal Osaka Amazing Pass.

Langkah pertama, masukkan detail perjalanan

Untuk menuju museum, ada 5 opsi rute. Naik subway atau taksi, dikombinasikan dengan berjalan kaki. Setiap opsi dijelaskan secara detail, waktu keberangkatan, lama perjalanan, tarif, hingga peron mana yang harus kita naiki ketika akan naik kereta. Semua dijelaskan secara lengkap.

Bagi yang berpikir bahasa bisa menjadi kendala ketika naik kendaraan umum, tak perlu khawatir sebab ada angka tertera di setiap pemberhentian, dan di aplikasi ini pun ada lini rute pemberhentian yang bisa kita hapalkan. Harus melewati berapa stasiun hingga tiba ke tempat tujuan.

Lini rute pemberhentian

Pemegang pass seperti Osaka Amazing Pass bisa melihat rute mana yang ter-cover oleh pass, sehingga bisa meminimalisir ongkos yang harus dikeluarkan.

Gimana? Memudahkan sekali bukan?

Perlu diingat bahwa Jepang dikenal memiliki jaringan transportasi umum yang begitu luas dan efektif. Ketepatan waktunya pun tak perlu diragukan lagi. Ketika tertera jadwal kereta pukul 13.58, maka kereta akan berangkat tepat pukul 13.58, tak lebih dan tak kurang.


Selain menjadi petunjuk rute saat hendak bepergian di Jepang, aplikasi ini juga menawarkan kemudahan lain.

Mulai dari artikel panduan traveling di Jepang, booking aktivitas menarik, informasi tentang tiket dan pass, rekomendasi itinerary, peta, dan lain sebagainya, semua tersedia dalam satu aplikasi.

All in one application gitu. Satu aplikasi untuk semua kebutuhan traveling di Jepang 🙂

Buatku sendiri, yang jelas sangat terasa manfaatnya adalah fitur route, atau pencarian rute yang kujabarkan tadi.

Ada rencana traveling ke Jepang? Yuk download aplikasinya, I highly recommend this app!


EPILOG

Sebenarnya ini tak penting…

Ada sebuah stasiun subway yang namanya terngiang-ngiang di telingaku. Tenjimbashisuji 6 Chome (dibaca: Tenjimbashisuji Roku Chome). Suara dan intonasi pembacaan nama stasiun itu begitu unik dan membekas buatku. Bahkan hingga detik ini masih terekam jelas dalam ingatan, tak tahu kenapa haha.

Published by dwitunggadewi

Software developer, blogger, travel enthusiast

Leave a comment